Berita terkini

Pokja AMPL Jeneponto Gelar Rakoor Percepatan Pembangunan Sanitasi Permukiman

03/12/2019

Kominfo-News

Untuk mendukung percepatan program pembangunan sanitasi permukiman di Kab. Jeneponto, maka Pokja AMPL menggelar rapat koordinasi, Selasa (03/12/2019) di ruang tamarunang yang menghadirkan plt. Kadis Lingkungan Hidup, Yusuf Pakihi selaku penyaji materi. Acara yang dibuka oleh Asisten II, Syamsi Lili ini diikuti oleh Sekretaris Bappeda, Sekretaris BPKAD dan sejumlah anggota Pokja dan pihak terkait.

Beberapa hal yang menjadi fokus diskusi adalah penanganan dan pengelolaan sampah sebagai bagian dari indikator sanitasi yang sehat.

Yusuf Pakihi menjelaskan tentang berbagai kebijakan dan langkah strategis yang dilakukan dalam penanganan sampah. Diantaranya mengenai kebutuhan  armada sebagai  alat amgkut sampah yang saat ini baru tersedia 17 unit dari estimasi kebutuhan 48 unit.  Untuk memenuhi kebutuhan armada ini diharapkan ada dukungan dari Pemerintah Kelurahan dan Desa.

Dijelaskannya pula mengenai upaya pencapaian Adipura yang memerlukan gerakan bersama hingga ke tingkat masyarakat. "Realistisnya masyarakat itu membuang sampah sampai pukul 18.00 sore per hari, agar petugas pengangkut sampah dapat bekerja untuk angkut sampah setelahnya", jelasnya.

Oji dari Pattiro Jeka menyarankan agar disusun road map (peta jalan) dalam menangani sampah ini sehingga target mencapai Adipura dapat diwujudkan, termasuk para penyapu jalan untuk dapat diatur dan diberdayakan dengan baik.  (*)


*Jay