Berita terkini

Pimpinan DPRD Jeneponto Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

27/09/2019

Jeneponto (kominfo-news) – Pimpinan DPRD Kabupaten Jeneponto resmi dilantik dan mengucapkan sumpah janji jabatan pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Jeneponto dengan acara pengucapan sumpah janji Pimpinan DPRD Kabupaten Jeneponto masa jabatan 2019-2024 di Ruang Sidang DPRD Kabupaten Jeneponto, Kamis (26/09/2019).

Pimpinan DPRD  tersebut dilantik oleh Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Jeneponto.

Pelantikan yang berlangsung dengan khidmat ini diikuti oleh 40 anggota DPRD Kabupaten Jeneponto, Bupati Jeneponto, Unsur Forkopimda, dan Unsur Pejabat Pemkab Jeneponto.

Pada Rapat Paripurna Istimewa ini dilantik Salmawati Paris dari Partai Gerindra sebagai Ketua  dan Imam Taufik Bohari dari Partai PPP sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Jeneponto.

Dalam sambutannya, Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menyampaikan ucapan selamat kepada pimpinan DPRD Kabupaten Jeneponto masa jabatan 2019-2024, serta atas terbentuknya komisi-komisi DPRD dan alat kelengkapan lainnya.

DPRD memiliki tiga fungsi, yaitu fungsi Legislasi; berkaitan dengan pembentukan peraturan daerah. Fungsi Anggaran; Kewenangan dalam hal anggaran daerah (APBD), dan fungsi Pengawasan; Kewenangan mengontrol pelaksanaan Perda dan peraturan lainnya serta kebijakan pemerintah daerah. Karena itu dalam upaya mewujudkan fungsi dan peran ini harus disertai dengan harmonisasi yang baik", ujar Bupati.  


Bupati juga berharap semoga dengan dilantiknya Ketua dan Wakil Ketua DPRD yang baru dapat membawa aspirasi masyarakat lebih baik dan hasil pembangunannya dapat dirasakan oleh masyarakat luas sehingga membawa Kabupaten Jeneponto menjadi semakin maju, sejahtera dan bermartabat. Serta mampu merealisasikan kemandirian ekonomi dengan selalu memperhatikan budaya dan kearifan lokal.

Iksan Iskandar juga berpesan bahwa perjuangan telah menanti. Asa dan harapan masyarakat Kabupaten Jeneponto begitu besar. “Bersama seluruh jajaran birokrasi, eksekutif dan para pemangku amanah untuk terus bersinergi menggerakkan berbagai program dan kegiatan pembangunan. Harapan saya, keberhasilan yang telah dicapai selama ini dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan, dan lahir inovasi-inovasi baru demi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kabupaten Jeneponto.

“Secepatnya kita menyusun strategi dan melaksanakan berbagai program, dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Kabupaten Jeneponto. Harus dapat merangkul dan menggugah partisipasi seluruh masyarakat sehingga aspirasi masyarakat dapat diwujudkan melalui pembangunan daerah. Saya meyakini dengan berbekal semangat, kerja keras, kerja cerdas, serta didukung dengan kemampuan dan pengalaman, seluruh anggota DPRD Insya Allah dapat memenuhi harapan masyarakat,” harapnya.

Sementara itu di pasca paripurna, Ketua DPRD Kabupaten Jeneponto Salmawati mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Jeneponto karena telah memberikan kepercayaan dan doa restu kepada anggota DPRD Kabupaten Jeneponto untuk berkarya membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Jeneponto.

“Kami mengajak teman-teman DPRD agar benar-benar bekerja secara maksimal memperjuangkan aspirasi masyarakat. Sudah seharusnyalah kita memperjuangkan nasib mereka sesuai dengan tugas dan wewenang anggota DPRD. Disamping itu kita juga harus menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan semua pihak karena tujuan yang akan kita capai tidak mungkin berhasil tanpa dukungan dari pemerintah daerah dan semua unsur masyarakat yang ada. Mari kita ciptakan kehidupan demokrasi yang harmonis demi masa depan bangsa dan negara yang kita cintai karena disinilah kita berjuang guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera lahir dan batin,” ujarnya.

Salmawati mengajak rekan-rekan anggota DPRD Kabupaten Jeneponto untuk bekerja dengan disiplin dan memiliki semangat tinggi. "Sebagai lembaga perwakilan rakyat daerah mengemban fungsi-fungsi penyusunan dan penetapan kebijakan publik bersama pemerintah daerah. Apalagi telah banyak tugas-tugas yang harus segera dilaksanakan", ujarnya.  (*).

*J@y