Berita terkini

Pemkab Jeneponto Kerjasama PT. Telkom Menuju “jeneponto Smart City”

15/02/2018

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Jeneponto, Amir Syarifuddin dan General Manager PT. Telkom Makassar, Agus Yudha Basuki menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) kerja sama dalam melaksanakan Program Jeneponto menuju Smart City.

Penandatanganan MoU tersebut berlangsung di Baruga Kalabbirang Rujab Bupati Jeneponto, Senin (12/2) yang disaksikan oleh Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar. Turut pula hadir Plt. Sekda Jeneponto, Syafruddin Nurdin dan Pimpinan OPD lingkup Pemkab Jeneponto.

Bentuk kerjasama awal yang akan dilakukan yakni pembangunan jaringan internet terintegrasi serta pengadaan server dan perangkat data yang akan dilaksanakan di tahun ini, dimana Dinas Kominfo dan Statistik Jeneponto selaku penyedia, pengendali jaringan dan data central.

Smart city sebagai program nasional Kementerian Kominfo R.I. terdiri atas 6 (enam) elemen didalamnya seperti smart government, smart branding, smart economy, smart society, smart living dan smart environment tentunya menjadi salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat serta tata kelola pemerintahan yang lebih baikKarena itu, diharapkan dengan kerjasama PT. Telkom ini, maka Pemkab Jeneponto dapat lebih optimal dalam membangun sinergi dan integrasi antar OPD dalam mewujudkan elemen smart city tersebut, khususnya dalam pelaksanaan program-program pembangunan guna peningkatan kesejahteraan masyarakat serta efesiensi dan efektifitas dalam pemberian pelayanan publik.

Selain itu, jaringan internet terintegrasi antar OPD serta data center ini merupakan bagian dari impelementasi smart government yang diharapkan dengan ketersediaan fasilitas ini akan memudahkan nantinya penerapan berbagai sistem dan tata kelola pemerintahan, seperti e-planning, e-budgeting, e-kinerja, e-service, e-procurement dan hal ini juga telah mendapatkan dukungan dan persetujuan dari DPRD Jeneponto.

Sumber : http://kilaskominfo.wordpress.com/2018/02/12/pemkab-jeneponto-kerjasama-pt-telkom-menuju-jeneponto-smart-regency/