Berita terkini

Konsultasi Publik RPJMD Kabupaten Jeneponto 2018-2023

21/02/2019

Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar membuka secara resmi konsultasi publik Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Jeneponto periode 2018-2023, Kamis (21/02/2019). Acara yang bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD, Bappeda Provinsi, Sekda,  Pimpinan OPD, Pejabat Perencana OPD, Pimpinan Perguruan Tinggi, Ormas, OKP, LSM, PKK, dan sejumlah Organisasi Profesi lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati mengharapkan agar konsultasi publik ini dapat menjadi wadah yang baik dalam penyatuan persepsi dan pendapat terhadap muatan RPJMD ini. Ditambahkannya bahwa RPJMD ini merupakan dokumen strategis dalam penentuan arah pembangunan Jeneponto 5 tahun ke depan. "Karena itu, silahkan seluruh peserta untuk mwmberikan saran, masukan dan koreksi terhadap rancangan RPJMD ini", jelas Bupati.

Bupai juga menjelaskan bahwa Visi Kepemimpinan yang ingin dicapai ke depan adalah "JENEPONTO SMART 2023", yang mengandung 2 (dua) konsepsi pembangunan, yakni sebagai suatu konsep dan strategi pembangunan daerah kekinian yang dikenal dengan "SMART CITY/SMART REGENCY",  yang dimaknai sebagai kabupaten yang mampu mengelola Sumber Daya Alam dan Manusia serta sumber daya lainnya, sehingga warganya mampu hidup aman, nyaman dan berkelanjutan dengan berbasis teknologi informasi dan komunikasi (ICT).  SMART dimaknai pula sebagai akronim dari Berdaya Saing, Maju, Religius dan Berkelanjutan, sebagai kondisi dan tatanan pembangunan yang ingin diwujudkan diakhir periode.

Pada kesempatan tersebut, Bupati juga menyampaikan misi  dan berbagai upaya yang telah dilakukan di awal periode ini dalam pengembangan berbagai potensi daerah. "Pada 22 Januari lalu telah kita bangun kerja sama dengan investor dari Korea dalam merencanakan pembangunan pabrik pakan ternak dengan bahan baku jagung. Juga telah kita tanda tangani MOU dengan Perusahaan dari Malaysia dalam pengelolaan sampah menjadi potensi sumber daya listrik", ungkap Bupati.

Acara dilanjutkan dengan diskusi dan pemaparan materi oleh perwakilan BAPPEDA Propinsi dan Kepala Bappeda Jeneponto. (*)


[J@y]