Berita terkini

Hebat, Jeneponto Raih Natamukti Award 2018

15/11/2018

Rilis dari Arifuddin Lau koresponden harian Upeks Makassar melaporkan bahwa International Council For Small Business (ICSB) yang merupakan organisasi non-profit dunia mempertemukan para akademisi, peneliti, pembuat kebijakan , dan praktisi yang berfungsi sebagai motivator penggerak di berbagai sektor telah melakukan pengkajian dan penilaian pada sektor Usaha Kecil Menengah di seluruh daerah di indonesia pada tahun 2018.


Puncak dari proses tersebut, beberapa daerah kabupaten dan kota di beri penghargaan Natamukti Award 2018, di Gedung Puspiptek Serpong Tangerang Selatan, Kamis (15/11/2018).


Menurut Hermawan Kartajaya selaku President Of ICSB Indonesia bahwa Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebagai roda penggerak ekonomi menjadi perhatian pemerintah dan lembaga internasional saat ini.


Dikatakannya, ekosistem UMKM yang kondusif hanya bisa dicapai dengan kontribusi dari berbagai pihak seperti pemerintah, praktisi bisnis, akademisi dan peneliti,. Namun peran pemerintah daerah dalam mendukung UMKM menjadi pilar pendorong utama ekonomi local lebih menentukan, jelas Hermawan.

Hermawan juga menjelaskan ICSME sebagai host Organization ICSB Indonesia, bersama dengan kementerian KUKM menginisisasi sebuah penghargaan “Piala Natamukti “ sebagai apresiasi kepada Kabupaten dan kota yang berhasil mendorong keberlangsungan UMKM di daerah masing-masing, ujar Hermawan.

Dalam sambutannya didepan para peraih Natamukti Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia A.A.G. Puspayoga, berharap agar penghargaan ini menjadi motivasi para kepala daerah untuk terus berinovasi dalam pengembangan UMKM sebagai penggerak ekonomi kerakyatan.

Oleh karena itu sebagai  wujud apresiasi ICSB maka Bupati Jeneponto Drs.H.Iksan Iskandar.M.Si menerima penghargaan Natamukti Award 2018 karena dianggap mampu mendorong penciptaan iklim pengembang UMKM didaerah baik melalui kebijakan dan regulasi maupun sifatnya pembinaan yang berkesinambungan, tandasnya.

Bupati Jeneponto Iksan Iskandar ketika menerima penghargaan tersebut didampingi oleh  Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jeneponto H.Zubair, Kabag Humas dan Protokol H. Saripudddin Lagu,  Kepala Bidang Pemberdayaan UKM Mustaufiq, dan staf galeri kemasan UKM Masita.

Penghargaan Natamukti tersebut adalah bentuk apresiasi Lembaga Non Govermant bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia atas kinerja pemerintah dan stakeholder didaerah yang terus bersinergi dalam membina dan mengembangkan UMKM sehingga roda perekonomian secara makro terus bergerak dengan baik.

“Saya menyampaikan apresiasi yang tinggi buat OPD terkait yang telah mampu mengelaborasi seluruh program dengan baik,  ungkap Iksan Iskandar yang pada tanggal 31 desember 2018 akan dilantik dan diambil sumpah sebagai Bupati Jeneponto untuk periode kedua.