Berita terkini

Gugah Nurani Indonesia memboyong Pengusaha Korsel berinvestasi di Jeneponto

15/08/2019

KOMINFO - NEWS

Bupati Jeneponto menerima kunjungan beberapa perwakilan dari organisasi non pemerintah Gugah Nurani Indonesia (GNI), Good Neighbors Korea (GNK) dan perusahaan Korea Selatan Kyun In, Selasa, (13/08/2019).  Kunjungan Tim GNI ini bermaksud membuka industri pakan ternak dan rumah pemotongan hewan di Jeneponto.

“Kami membicarakan terkait perizinan pembangunan pabrik pakan  ternak ayam dan rumah potong. Juga lokasi pabrik sesuai daerah kawasan industri Jeneponto, yang memiliki potensi penunjang proses produksi kedepannya. Secara lisan bupati sudah deal dengan pembangunan pabrik pakan ternak tersebut, selanjutnya secara administrasi diserahkan kepada Sekda dengan harapan tahun 2019 bisa terealisasi secepatnya”, ujar Risdawati, staf perwakilan dari Gugah Nurani Indonesia Community Development Program (CDP) Jeneponto .

Langkah GNI mengundang pengusaha Korea mendapat sambutan hangat dari Bupati Jeneponto. Sejalan dengan visi dan misi Bupati Jeneponto, membangun Jeneponto SMART, investasi akan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar lokasi industri.  Bupati telah menyetujui pemakan 10 hektar lahan warga untuk digunakan sebagai pabrik.

Pada awal tahun 2019,  GNI telah melakukan survei lokasi usaha, dan memutuskan bahwa Kecamatan Arungkeke dan Kecamatan Bangkala sangat sesuai digunakan sebagai lokasi industri pakan ternak dan rumah potong hewan ternak. GNI atau lebih dikenal sebagai Gugah Nurani Indonesia sendiri adalah organisas non pemerintah yang mensponsori pendidikan dan kesehatan anak-anak di Jeneponto sejak tahun 2015. Konsentrasi kegiatan mereka berada di Kecamatan Bangkala. Melalui program anak sponsor, masyarakat di Korea Selatan dapat mendukung anak sponsor mereka yang berada di Indonesia. Setidaknya di Indonesia terdapat 17 CDP yang hingga saat ini masih mendukung pendidikan dan kesehatan anak sponsor melalui program yang terencana, sistematis dan masiv. Di Jeneponto sendiri sudah lebih dari 1065 anak sponsor yang didukung oleh Gugah Nurani Indonesia melalui program anak sponsor.

Untuk meningkatkan kualitas hidup anak , tidak lepas dari pentingnya pemberdayaan orang tua terkait kehidupan anak-anak mereka di masa depan. Program Pakan Ternak (Project Chicken Feeding) adalah salah satu upaya GNI untuk mendorong peningkatan pendapatan masyarakat, sehingga nantinya akan mendorong pada peningkatan kualitas hidup anak ke depan.

Selain itu, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jeneponto juga akan mendorong percepatan berjalannya industri pakan ternak tersebut tentunya setelah penyusunan AMDAL dibuat. Turut pula hadir Sekretaris Daerah, Asisten II, Kepala Bidang Infarstruktur BAPPEDA, Kepala Dinas Peternakan, Kepala Dinas Penanaman Modal & Pelayanan Terpadu Satu Pintu. (*)


*Dhani/J@y