Berita terkini

Gubernur Sul-Sel disambut antusias ratusan Kepala Desa pada Bimtek PPID Desa

05/11/2019

Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah membuka acara Bimbingan Teknis Keterbukaan Informasi Publik melalui Penguatan Peran dan Fungsi PPID Desa, Selasa (5/11/2019) di Gedung Kartini Kab. Bantaeng. Bimtek tersebut digelar oleh Dinas Kominfo Prov. Sul-Sel yang turut dihadiri oleh Bupati Bulukumba, Wakil Bupati Jeneponto, Unsur Forkopimda Bantaeng, Sekda Bantaeng dan  para Kadis Kominfo, Camat, dan ratusan Kepala Desa dan Sekretaris Desa dari 3 (tiga) Kabupaten, yakni Jeneponto, Bantaeng dan Bulukumba.

Nurdin Abdullah dalam sambutannya antara lain mengatakan bahwa era keterbukaan saat ini menuntut kita selaku badan publik dan penyelenggara pemerintahan untuk memberikan layanan informasi yang mudah dan cepat bagi publik. Untuk itu penguatan peran dan fungsi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di tingkat Desa harus dapat terlaksana dengan baik. 

"Saya berterima kasih karena hari ini unsur pimpinan daerah dari tiga kabupaten dapat hadir bersama para Camat, Kades dan Sekdesnya sebagai bentuk komitmen dalam mendukung program ini", ujarnya.

Ditambahkannya pula bahwa Kepala Desa sebagai aparatur terdepan dan bersentuhan langsung dengan masyarakat harus mampu menjembatani kepentingan rakyatnya sehingga kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi dan terlayani dengan baik. "Seorang Kades harus dekat dengan rakyatnya, harus mampu menciptakan terobosan baru untuk kemajuan desanya, dan saat ini, kita telah mulai menerapkan lomba desa yang berbasis inovasi dengan menghilangkan bentuk-bentuk penilaian yang seramonial. Jadi silakan Kepala Desa melakukan inovasi di desanya dan Pemprov telah siapkan anggaran pembinaan 1 milyar bagi Juara 1, dan 750 juta bagi juara 2 serta 500 juta bagi juara 3", jelasnya.

Peserta yang didominasi oleh Kades dalam acara tersebut semakin antusias dan menyambut gembira saat Gubernur  menyampaikan bahwa untuk mengapresiasi kinerja bagi Kepala Desa incumbent, maka kita wacanakan untuk membuat rancangan Pergub bahwa ke depan bagi incumbent yang maju lagi sebagai calon Kades sudah tidak perlu lagi mengikuti tes dan uji kompetensi. "Biarkan rakyat yang menilainya, kalau kinerjanya bagus maka rakyatnya pasti akan memilihnya kembali", ujar Gubernur.

Sebagai rangkaian acara maka dilakukan pula penandatanganan Komitmen Bersama dalam pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik antara Pemprov Sul-Sel dengan Pemkab Jeneponto, Bantaeng dan Bulukumba.

Materi bimtek disajikan oleh Kadis Kominfo Sul-Sel, Andi Hasdullah dan Kadis PMD Sul-Sel, Ashari Fakhsirie Radjamilo serta Wakil Ketua Komisi Informasi Sul-Sel.(*)


*J@y