Berita terkini

Forum Implementasi e-Government se-Sul-Sel

15/11/2018

(Jay@Kominfo-News)

Pelayanan publik yang berkualitas merupakan salah issu strategis pemerintahan saat ini. Hal ini sebagai wujud dari komitmen Pemerintah dalam melaksanakan fungsi-fungsi pemerintahan., seperti fungsi pelayanan, fungsi pembangunan, fungsi pemberdayaan dan fungsi ketertiban.  Guna mendukung terselenggaranya dengan baik berbagai fungsi tersebut, maka Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Pemprov Sul-Sel menggelar Focus Group Discussion (FGD) Implementasi e-Government dalam meningkatkan pelayanan publik. Acara tersebut digelar di Hotel Grand Asia Makassar (15/11) yag diikuti oleh Kepala Dinas Kominfo dan Admin aplikasi LAPOR SP4N/Website Pemda se-Sulawesi Selatan. 

Staf Ahli Pemprov, Haris saat membuka acara mengatakan bahwa era globalisasi identik dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memberi dampak terhadap prilaku sosial kehidupan masyarakat. Pemerintah dituntut untuk mampu berinovasi memanfaatkan kemajuan IPTEK tersebut dalam aspek memberikan pelayanan. "Pelayanan publik saat ini diupayakan sudah berbasis IT,  sebagai upaya memudahkan akses dan kecepatan pelayanan. Salah satunya saat ini yang telah kita lakukan adalah Pemprov Sul-Sel  telah menyediakan aplikasi berbasis online  untuk layanan pengaduan dan interaksi publik yang bernama BARUGA SULSEL", jelasnya.

Ia menambahkan bahwa Dinas Kominfo Kab/Kota diharapkan mampu bersinergi dengan aplikasi ini, serta mengembangkan layanan-layanan lainnya yang berbasis elektronik. "Kominfo harus mampu menjadi pusat jaringan internet terintegrasi OPD, dan pengembangan data center dan aplikasi pemerintahan", kata Haris.

Dalam forum ini disajikan materi oleh Dr. Jayadi Nas (akademisi dan anggota Tim P2D Sul-Sel) dan Firdaus (praktisi tekonlogi informatika) {*}