Berita terkini

Desa Bulo-bulo, Desa Bonto Jai dan Desa Pao menerima hadiah Lomba Desa Tingkat Kabupaten

17/07/2019


Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar, menyerahkan hadiah kepada Desa Pemenang Lomba Desa Tingkat Kabupaten di Kantor Bupati Rabu, (17/07/2019). Penyerahan hadiah secara simbolis ini adalah rangkaian dari kegiatan Lomba Desa Tingkat Kabupaten yang sudah berjalan semenjak tiga bulan yang lalu. Pada 9 Juli 2019, tim penilai memutuskan pemenang lomba desa tingkat kabupaten Jeneponto adalah Desa Bulo-Bulo sebagai Juara I, Desa Bonto Jai sebagai Juara II, Desa Pao sebagai Juara III. 


Menurut Kepala Dinas Pemberdayaan dan Pemerintahan Desa Kabupaten Jeneponto, Abdul Makmur Sijaya, terdapat tiga kriteria lomba desa yang menjadi dasar penilaian oleh Tim Penilai, yaitu persiapan administrasi desa, tingkat partisipasi masyarakat dan infrastruktur. Tingkat partisipasi masyarakat sangat tinggi nilainya karena tujuan dari diadakan lomba desa adalah meningkatkan partisipasi masyarakat desa.


Berdasarkan Permendagri No.81 Tahun 2015  tentang Evaluasi dan Perkembangan Desa, kegiatan lomba desa dan Kelurahan bertujuan untuk mengetahui tahapan dan tingkat keberhasilan perkembangan desa/kel dalam kurun waktu satu tahun. Penilaian tingkat perkembangan desa dan kelurahan dilakukan melalui 4 tahapan. Pertama, lomba desa dan kelurahan tingkat kecamatan, Kedua, lomba desa dan kelurahan tingkat kabupaten/kota. Ketiga, lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi. Keempat, lomba desa dan kelurahan tingkat regional.


“Setiap kecamatan diwakili oleh satu desa yang lolos seleksi lomba desa tingkat kecamatan. Dari 11 desa yang diseleksi oleh tim penilai, terpilihlah 3 desa pemenang. Desa Bulo-bulo mewakili Kecamatan Arungkeke, Desa Bonto Jai mewakili Kecamatan Tamalatea dan Desa Pao mewakili Kecamatan Tarowang”, ujar Abdul Makmur. 


Juara lomba desa dan kelurahan tingkat kabupaten ditetapkan melalui Keputusan Bupati, yang selanjutnya akan menjadi peran pemerintah kabupaten untuk memberikan pembinaan dan penguatan kepada Desa Bulo-Bulo untuk mempersiapkan diri pada Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi. 


 “Seleksi lomba desa tingkat kabupaten telah dilaksanakan selama 3 bulan, tahapan selanjutnya adalah pembinaan kepada desa juara pertama, yaitu Desa Bulo-bulo. Hal-hal yang menjadi indicator penilaian akan lebih dimaksimalkan lagi  ke depannya untuk memenangkan Lomba Desa Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan”, jelasnya. 


Secara simbolis, Bupati Jeneponto menyerahkan hadiah berupa laptop kepada Juara I, kulkas kepada Juara II, TV flat kepada Juara III.